KEGIATAN Listed all our awesome blog posts, hospital news!

Onno W. Purbo

Onno dan Menkominfo Rudiantara

Kang Onno begitu biasa dipanggil, adalah salah satu trainer tetap di Padepokan ASA @Wedomartani. Dia siap secara periodik memberikan pelatihan di kelas Padepokan yang menempati pendopo di Desa Gedongan Lor, Wedomartani, Ngemplak, Kab. Sleman, DIY.

Inilah sosok guru. Meski sebagai doktor IT dan menduduki posisi penting di ITB serta beberapa gelar dari manca Amerika dan Kanada, lelaki bernama lengkap Onno Widodo Purbo yang lahir tepat pada 17 Agustus 1962 ini memilih jalan hidup merdeka: Keluar dari ITB dan menjadi guru rakyat.

Dia aktif memberikan pendidikan dan pelatihan di kampus-kampus formal, informal, dan virtual. Di gedung maupun di pelosok desa dengan fasilitas sederhana. Tak terkecuali IT Camp yang di outdoor, seperti halnya di Padepokan ASA @Wedomartani.

Onno dan Menkominfo Rudiantara
Onno dan Menkominfo Rudiantara

Wisudawan terbaik Teknik Elektro ITB pada tahun 1987 yang kemudian melanjutkan studi magister dan doktoral di McMaster University, Kanada dan Universitas Waterloo, Kanada, adalah pelopor dunia IT yang menggagas program RT/ RW-Net ini adalah orang yang berjasa dengan adanya internet di Indonesia. Ayahnya, Hasan Poerbo, seorang Professor bidang lingkungan hidup ITB.

“Cara yang paling asyik adalah membangun masyakarat Indonesia jadi pinter, biar gak dibohongi melulu,” kata Onno. “Kalau di Padepokan ASA ada pelatihan, hayuk saja….tapi jauh-jauh hari disusun, biar saya juga sempat ngajar di masyarakat yang lain di seluruh Indonesia. Dia dikenal sebagai salah satu bapak Open Source Indonesia, dan evangelist (kyiai) Linux.

Profil lengkap bisa diikuti di sini: http://profil.merdeka.com/indonesia/o/onno-widodo-purbo/

Tweet Like Share Share Pin it Email

What others say about “Onno W. Purbo” ? (0 Comments)

Leave a Comment