KEGIATAN Listed all our awesome blog posts, hospital news!

Sapto Anggoro

Assalamualaikum wr. wb.

206634_1036306750847_2646_nPerkenalkan, nama saya Atmaji Sapto Anggoro. Karena dulu sering merasa nama saya kepanjangan, maka yang depan sering disingkat  “A” saja, maksudnya merupakan huruf awal dan sering jadi tebak-tebakan A-nya itu kepanjangan apa: Ahmad, Anton, atau Apasaja?

Beristrikan Chandrasary sejak 1993 saya alhamdulillah telah dianugerahi 2 anak sepasang: Noval Dias (sulung) dan Bunga Refah (anak kedua). Saya bersyukur dan menikmati hidup ini, dengan segala warna dan tantangannya.

Lahir di Jombang Jawa Timur, dari pasangan Tamyas Mintoredjo (TNI-CPM) dan Siti Rochanah, saya menghabiskan waktu SD-SMA di kota kelahiran. Kuliah tahun 1985 di Stikosa-AWS Surabaya, mengisi waktu dengan kerja sambilan sebagai tukang cuci cetak foto hitam putih pinggir jalan dan di perusahaan film, bagian promosi. Kuliah ilmu  komunikasi mengantarkan hidup saya sebagai wartawan. Tambahan kuliah management di Prasetiya Mulya menambah wawasan tentang manajerial operasional.

Mulai jadi wartawan olahraga Surabaya Post 1987, Berita Buana Jakarta 1990, lalu Republika (93-99), lalu detikcom dari 1998 hingga 2011. Di detikcom mulai dari penulis, koordinator liputan, wakil pemimpin redaksi, marketing sales online, lalu direktur operation. Sejak 2011 membeanikan diri membuka usaha sendiri  PT Binokular Media Utama yang bergerak di data mining. Selain itu juga sebagai advisor lalu organic di Grup Kapanlagi Network yang ikut membidani merdeka.com. Dan, saya memilih kelahiran www.merdeka.com tanggal 21212 (2102-2012) yang mengingatkan orang pada cerita rakyat Wiro Sableng.

Sempat berbagi ilmu di Univ. Paramadina, pernah jadi anchor siaran debat di radio Ramako (sekarang Light FM), pernah jadi RT, sibuk di asosiasi internet (APJII), juga di perkumpulan konten mobile (IMOCA). Kedua asosiasi ini sampai posisi Sekjen. Rasanya menarik menyibukkan diri di berbagai hal. Sejak April 2015 menjadi Pengawas di PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia), karena posisinya sebagai salah satu co-founder.

Pengalaman mendapatkan sekitar Rp 5 miliar lebih dari para sponsor untuk hajatan internasional APRICOT di Bali pada 2007, adalah cerita yang susah dilupakan.

Cita-citanya nambah terus. Berusaha memberi arti di setiap posisi. Keyakinannya terhadap kualitas SDM adalah segalanya, tak pernah luntur. Obsesinya bisa membangun padepokan di banyak tempat untuk tempat sharing ilmu dan menemukan talent untuk Indonesia masa depan. Yang akan dimulai dengan di Yogya, dan mulai dibangun 2014.

Saya juga setuju bisikan Steve Jobs bahwa, “Live is intelligent things, that things aren’t random”. Bahwa hidup adalah sesuatu tentang kecerdasan berpikir, bukan perkara nasib semata.

Semoga tulisan-tulisan di web ini memberikan manfaat. Kalau mengkritik, silakan. Akan lebih memperkaya wawasan kita bersama. Saya juga sudah menulis dua buku: Legenda Media Online (detikcom) penerbit Mocopat tahun 2011, dan Mantra Justru dengan pengantar Wapres Jusuf Kalla penerbit Elex Media Komputindo tahun 2015.

 

Wassalam,

a. sapto anggoro

Screenshot 2015-09-18 21.46.33

Tweet Like Share Share Pin it Email

What others say about “Sapto Anggoro” ? (0 Comments)

Leave a Comment