ARTIKEL DESA WISATA

Pemuda dan Keberanian Mengambil Risiko di Masa Pandemi

Di masa pandemi yang tak kunjung selesai ini, kita sering dihadapkan dengan berbagai kebosanan. Aturan kebiasaan baru dan pembatasan-pembatasan membuat kita tidak bisa hidup bebas. Hidup kita terasa dikungkung dalam suatu kotak, sangat monoton dan tak banyak pilihan. Di samping itu, hidup kita juga terasa penuh risiko, mulai dari kesehatan, mental, ekonomi, hingga masa depan yang tak karuan. Tentu hal ini cukup mengkhawatirkan. Apalagi bagi pemuda, tentu hal ini tak hanya sekedar cukup, tapi sangat mengkhawatirkan.

Read More

Komunitas: Menjaga Asa di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini, anak-anak justru lebih membutuhkan bantuan. Banyak tugas yang dibebankan kepada mereka. Orangtua yang dipandang bisa menjadi guru pengganti di rumah nyatanya juga tidak sepenuhnya bisa. Oleh karenanya, peran-peran komunitas dalam sektor pendidikanpun semakin dinanti-nanti hadirnya. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh Akbar Bagaskara, pegiat komunitas Yogyakarta Mengajar dalam Diskusi Senja “Belajar Asyik saat Pandemi, Kenapa Tidak?”.

Read More

Perspektif Komunitas di Yogyakarta terkait Kegiatan Offline atau Online di Masa Pandemi

Pandemi covid-19 telah memberikan dampak besarnya dalam berbagai sektor kehidupan. Baik di sektor sosial, pendidikan, ekonomi, budaya, maupun lainnya. Dalam hal ini, sektor sosial melalui elemen-elemennya perlu mendapat perhatian utama. Semisal bagaimana geliat komunitas-komunitas di masa pandemi. Karena bagaimanapun, kiprah mereka dalam membangun negeri ini sangatlah krusial. Melalui merekalah terkadang hal-hal yang tak bisa disentuh pemerintah justru bisa disentuh.

Read More